Pages

Minggu, 24 Juli 2011

bHs pezbuk bahasa facebook GAWUZ AbiLLLL EH gaul abizzzz

Bahasa Menentukan Prilaku Manusia
Mendengar istilah meneketehe, lebay, atau boil merupakan istilah-istilah tersebut merupakan beberapa contoh bahasa gaul remaja Indonesia saat ini. Istilah-istilah yang dibuat remaja itu merupakan bahasa komunitas mereka yang digunakan sebagai simbol keakraban dalam interaksi verbal yang bersifat informal.
Guru Besar Bahasa Indonesia FIB UGM, Prof. Dr. I Dewa Putu Wijana, S.U., M.A., mengatakan sebagian besar bahasa gaul remaja terbentuk dari kata bahasa Indonesia informal. Di antara kata-kata itu, memang ada kata-kata yang benar-benar merupakan kata percakapan bahasa Indonesia dan ada pula kata bahasa baku yang mengalami berbagai perubahan bentuk ucapan dan ejaan serta maknanya. Sementara itu, daftar istilah yang digunakan untuk memperkaya bahasa gaul remaja diambil dari berbagai bahasa. “Permasalahan ini cukup rumit karena ada banyak yang berinteraksi dengan bahasa Indonesia dan sejumlah bahasa itu memperkaya khasanah bahasa gaul remaja di Indonesia,” kata Putu Wijana dalam Pidato Dies Natalis ke-64 FIB UGM.
Dalam pidato yang berjudul Bahasa Gaul Remaja Indonesia dan Berbagai Persoalannya, Putu Wijana mengatakan sumber kosa kata bahasa gaul berasal dari bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing, seperti Inggris, Belanda, bahasa latin, Arab, Cina, dan Sansekerta.

Kendati demikian, kata Putu Wijana, dialek Jakarta adalah dialek bahasa Indonesia yang pengaruhnya paling dominan dan memberikan sumbangan paling signifikan bagi perkembangan bahasa gaul remaja. ''Saat ini, beratus-ratus kata dari bahasa Indonesia dialek Jakarta menghiasi bahasa gaul remaja Indonesia,'' tambahnya.
Putu Wijana juga berpendapat di dalam bahasa gaul sebenarnya tercermin segala tingkah laku dan pola pikir pemakainya. Menurutnya, kajian bahasa gaul yang digunakan para remaja akan mampu mengungkapkan berbagai hal yang melatarbelakangi kehidupan para remaja. Dengan demikian, hal itu dapat digunakan sebagai referensi untuk memahami perilaku mereka serta berupaya ikut menyelesaikan persoalan hidup yang dialami.
“Bahasa tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia. Sebaliknya, hampir semua kecenderungan para remaja itu tidak pula dapat dilepaskan dari aktivitas pemakaian bahasa,” jelasnya. (Humas UGM/Gusti Grehenson)

sumber dari :http://www.ugm.ac.id/new/?q=id/news/bahasa-gaul-cermin-perilaku-remaja

NAH dibawah ini ada bbrap istilah yg kerap muncul di zmz atau FB. mgkin perlu untuk kamu ketahui:
hbd : happy birth day.
WUATB : Wish u alL the besT
* Kongkow : Nongkrong (dipakai untuk melakukan aktifitas kumpul-kumpul bareng temen-temen)
* Ngastik : Nggak asyik (dipake buat mengungkapkan sesuatu yang tidak enak dirasa, didengar, dan diliat)
* Lonte : Pelacur
* Poskul : Pulang sekolah (kadang juga berlaku buat menyatakan pulang kantor)
* Gw, w, oGut, Gout, wa : Saya, aku
* Loe, lo, lu, lw, u : kamu
* SMS : suka sama suka
* sodokur : sodara
* Titi kamal : hati2 kalau malam
* balon : bakal calon
* bekibolang : belok kiri boleh
* brondong : lebih muda
* brownis : brondong manies
* cemat : cewe matre
* cemen : gak ada nyali
* CDMA : cape deh males ah
* cileduk : cinta lewat dukun
* Dedi dores : dengan dirinya doa restu
* ember : iya EMANG. (benar/setuju)
* gahom : gagah homo
* Gorda : gorila darat (khusus buat orang yang mukanya jelek banget!!)
* Back ground : Back = belakang Ground = Genderuwo (coba Loe artiin sendiri)
* Lekong : Banci kaleng
* Mawar : mau
* Sangs : kepengen
* Suamsuam kuku : Suamiku
* Ngemeng : Ngomong/bicara
* Titi Dj : aTi aTi Di Jalan
* ToMingSe : Tolong Mingkem Sedikit
* HandyCam : Makan pake tangan
* Gancet : Ngesex
* JabLuk : Jablay Buluk
* Sokam : Rokok 234
* Jokul : Jual
* Dokat : duit
* Gara : Kaga/ngga/tidak
* Dae : Ada
* Mokad : ma*pus/mod4r/mati
* Kobam : Mabok
* Ngelonjor : ngelamun jorok
* Sekwilda : sekitar wilayah dada
* Boker : Buang air besar
* Bobi : botak biadab (hayo siapa tuh? )
* japak : jablay pakuan...
* pasutri : pasukan suami takut istri
* cimut : ciuman maut
* kamsut(kemek) : makan
* sunge : sunda ngehek
* hasem : belom ngerokok
* skull : sekolah
* kull : kuliah
* ngondoy : turun
* Meneketehe : Mana Aku tau
* Kemsi : Kemek siang (makan siang)
* Parno : Paranoid
* Sherina : Serius na
* Marsyanda : Masa oloh serius na
* Tp : tebar pesona
* Gaptek : gagap teknologi
* Neting : Negatif Thinking
* Doror : Double eror
* Tajir : Orkay (orang kaya)
* jadul : jaman dulu
* Ciamik : bagus
* Cingcay lah : lumayan lah
* Jarpul : jarang pulang
* SMP : sehabis makan pulang
* Capcus : cabut (pulang/pergi)
* Macacci : masa sih
* Makaci : terimakasih
* Bapuk : jelek/buluk
* Caur : ancur
* Gazebo : Gak zelas bo
* Nembak : menyatakan cinta
* Jadian : pacaran
* pet cang tai : capek
* Tase : bermesraan
* Tababmerematahua : (udah yang palng jelek!)
* AA Gym GTL : agak agak gimana gitu loh!
* OMG : oh my god!
* Siting sob (giting, alias sinting sob!)
* Bokis : bohong
* Jorki : Joker (jorok)
* Pewe : Posisi (Wu)enak
* Songong : belagu
* Pecun : perek culun
wp? : wani piro ?
kamsude: maksude?
Kamsud lo?:
orRa pacullll: ora patut (luar biasa)
NGIdER jal: nGILOO dELENG rAINE jal (NGACA COBA, LIAT MUKANYA)
mantannnp:mana tahannn)
M.S : Mbelek Singa (Lebih zerem dari "Tai Kucing")
T.P : Tebar Pezona
sudoku: sukurin deh kamu
sebel:seal bener (sial bener)
GateWay: Ga' lucu tau!
ssg:suka suka guweh
ra kuku: ora kuwat
Gondes: gondrong ndeso
Golkar: Guoblok Kwadrat
kismis:miskin
DDR: daya dong rendah
Pao: mondol
BTW: by the way: omong-omong ....
GaDoy: ga doyan
pulkam: pulang kampung
tm jaka: tambah manis aja kamu
jaka sembung naek ojek: ga nyambung jack!
jaka sembung bawa golok: ga nyambung goblok
jaka sembung bawa grobak: ga nyambung pak!
jaka sembung pake kebaya: mau kondangan kemane?

mc ceee: massa sieeh
ceue: cewe
couo: cowo
kendo lah: goblok lah
kendo lah kowe: kamu g pake otak







Tp"

0 komentar:

Poskan Komentar