Pages

Jumat, 01 April 2011

Menyapa dalam Bahasa Jepang

Mari Berbahasa Jepang
Mudah Berbahasa Jepang
Gampang Berbahasa Jepang

taken from http://b-jepang.blogspot.com/2009/04/sapaan-aisatsu.html

Kunci berbahasa itu adalah bisa menyapa, dan mampu bertanya. Kalo menjawab, paling tidak kita bisa ngomong: Terimakasih, sama-sama, tidak, ya, cukup, lain kali, sampai jumpa, aku sangat terkesan dengan semua ini.




Sapaan (aisatsu)
Mengucapkan salam merupakan hal yang penting dalam interaksi antar manusia. Dan bagi orang Jepang pun juga sama, tidak ada pengecualian. Orang Jepang sangat menjunjung tinggi hubungan antar manusia, mereka umumnya tidak ingin menyakiti perasaan lawan bicara mereka. Untuk itu, menyapa yang baik merupakan langkah awal untuk hubungan yang mulus.

Berikut beberapa sapaan yang umum digunakan :

Hajimemashite, digunakan untuk memperkenalkan diri. Artinya "salam kenal". Misalnya dalam kalimat 「Hajimemashite, watashi (saya) wa Ary desu」 yang artinya "Salam kenal, saya Ary"

Ohayou gozaimasu, artinya "selamat pagi". Tentunya ini sapaan di pagi hari. Di dalam rumah, bila pertama kali bertemu dengan anggota keluarga pada pagi hari, salam ini diucapkan. Bila Anda masuk kerja, atau berpapasan dengan kenalan atau tetangga di pagi hari, ucapkan salam ini. Menyapa dengan sapaan ini dijawab dengan sapaan yang sama. Gozaimasu bisa dihilangkan pada kondisi non-formal dan akrab.

Konnichiwa, artinya "selamat siang" atau "halo". Digunakan sekitar pukul 11.00-17.00.

Konbanwa, artinya "selamat sore/malam", digunakan ketika hari sudah gelap.

O genki desu ka? , artinya "apa kabar?" atau "apakah Anda sehat-sehat saja?" Genki itu sendiri artinya "sehat/ceria", sehingga bila ditanya 「o genki desu ka?」 jawabnya adalah 「genki desu」. Pertanyaan ini merupakan sapaan, bukan menanyakan kabar yang sebenarnya, sama halnya dengan pertanyaan "How are you?" yang selalu dijawab dengan jawaban positif. Bukan begitu ?

Yoroshiku onegaishimasu, agak susah juga mengartikannya karena artinya mengambang. Di komik-komik, buku, atau terjemahan film/dorama/anime sering diterjemahkan "mohon bantuannya" atau "mohon perlakukan saya dengan baik". Kata ini digunakan di akhir percakapan, seperti ketika kita berkenalan tadi,「hajimemashite, watashi wa ary desu. yoroshiku onegaishimasu」 atau ketika kita meminta bantuan orang lain dan orang lain itu bersedia memberikan bantuan maka setelah mengucapkan terima kasih kita mengucapkan yoroshiku onegaishimasu. Begitu pun ketika ada orang menawarkan bantuan, kita mengucapkan hal yang sama setelah berterima kasih. Juga ketika kita berbuat salah atau melakukan sesuatu yang kira-kira merepotkan orang lain, maka kalimat akhir kita ditutup dengan yoroshiku onegaishimasu. Intinya, ketika kita merasa bahwa orang lain akan/sedang/sudah memperlakukan kita dengan baik, maka kita mengucapkan yoroshiku onegaishimasu.

Sementara kita batasi kata-kata sapaan kita sampai disini, postingan selanjutnya juga akan membahas hal yang sama dengan kosa kata yang berbeda.

Kosakata baru hari ini (keyword : aisatsu 1) :
1. Hajimemashite
2. Ohayou gozaimasu
3. Konnichiwa
4. Konbanwa
5. O genki desu ka
6. Yoroshiku onegaishimasu

7. Watashi
8. Genki

Sapaan (aisatsu) -2-
Kita lanjutkan materi tentang aisatsu.

Berikut kosakata selanjutnya :

sumimasen, memiliki banyak arti, multi-tafsir,dan merupakan kata yang multiguna. Kata ini bisa digunakan untuk mengucapkan terima kasih, bila pula digunakan untuk meminta maaf. Bisa pula digunakan untuk permisi. Padanannya dalam bahasa Inggris mungkin "excuse me, sorry" dengan penggunaan yang lebih luas. Bila kita memasuki suatu toko, atau mengetuk pintu bisa sambil mengucapkan sumimasen. Pun bila kita menyesali sesuatu bisa mengucapkan sumimasen. Atau menyesali sambil ingin mengucapkan terima kasih bisa menggunakan kata ini. Sering pula digunakan dalam basa-basi sewaktu meminta bantuan orang lain, dalam hal ini biasa diucapkan 「sumimasen ga, yoroshiku onegai shimasu」 yang artinya kurang lebih "maaf, mohon bantuannya ya.."

arigatou gozaimasu, atau cukup arigatou saja bila dalam situasi non-formal dengan lawan bicara yang sudah akrab. Artinya saya kira semua sudah tahu : "terima kasih". Penggunaannya saya kira sama saja untuk semua bangsa dan bahasa jadi tidak perlu pembahasan lebih lanjut.

moushiwake arimasen, artinya "mohon maaf". Digunakan untuk menyampaikan permohonan maaf karena telah menyusahkan atau merugikan orang lain. Kata ini digunakan untuk permohonan maaf yang "berat", sedangkan untuk yang ringan-ringan saja, misalnya jaga-jaga kalau yang kita katakan/lakukan berpotensi menyusahkan orang lain, bisa cukup menggunakan sumimasen.

gomen nasai, ini juga permintaan maaf. Secara kasar, tingkat penyesalannya lebih rendah daripada sumimasen. Bila diurut dari tingkat "keparahan" dalam merugikan orang lainnya, maka urutannya adalah moushiwake arimasen - sumimasen - gomen nasai. Contoh sederhana untuk mudah memahaminya adalah, Misalkan kita sedang berjalan di pasar yang sangat ramai, penuh kerumunan, kemudian kita tidak sengaja menyenggol orang secara halus, maka kita cukup katakan gomen nasai. Tapi bila kita menyenggol yang kira-kira cukup mengganggu, maka mengatakan sumimasen akan lebih tepat. Dan bila kita menyenggol sampai membuat barang bawaan orang lain itu berjatuhan atau bahkan membuatnya terjatuh, seyogyanya kita mengucapkan moushiwake arimasen sambil tentu saja membantu orang tersebut sambil menanyakan juga apakah dia baik-baik saja. Mudah kan?

shitsurei shimasu, artinya kurang lebih "maaf (saya akan berlaku) kasar". Digunakan bila kita akan melakukan sesuatu yang mungkin wajar tapi mungkin akan tidak berkenan atau mengasari orang lain. Misalkan bila kita akan memakaikan perban ke luka orang lain, karena akan menimbulkan rasa sakit (yang wajar) kita mengucapkan shitsurei shimasu. Atau hendak membantu melepaskan atau memakaikan baju ke orang lanjut usia atau anak kecil, kita juga mengucapkan hal yang sama. Begitu pun ketika mengakhiri pembicaraan dan menutup telepon, kita mengucapkan shitsurei shimasu. Banyak situasi semacam itu yang dirasa wajar, tapi karena kultur Jepang yang sangat menjaga perasaan orang lain, shitsurei shimasu sering digunakan. Termasuk juga ketika berkunjung ke rumah orang dan pamit hendak pulang.

o saki ni shitsurei shimasu, artinya "maaf saya duluan". Ini umum digunakan di lingkungan kerja ketika akan pulang, diucapkan kepada siapapun yang belum pulang baik atasan, bawahan, mau pun yang selevel.

o tsukaresama desu, sukar diterjemahkan. Kurang lebih "selamat bekerja" atau "Anda telah bekerja keras". Jadi janggal :D . Diucapkan untuk menyapa orang yang sedang bekerja. Kata ini biasa digunakan ketika akan pulang untuk mengucapkan salam kepada orang yang masih bekerja. Dalam hal ini penggunaannya sama dengan o saki ni shitsurei shimasu, jadi kita bisa menggunakannya bergantian saat pulang untuk variasi. o tsukaresama desu tidak hanya digunakan ketika pulang, bila kita berpapasan dengan rekan kantor di stasiun, di jalan atau di mana pun, kita bisa mengucapkannya, bahkan di hari libur pun. Pada jam kerja pun bisa digunakan di kantor untuk menyapa rekan kerja.

o tsukaresama deshita, artinya "anda telah bekerja keras". Digunakan bagi orang yang masih bekerja sebagai salam buat orang yang hendak pulang. Jadi diingat-ingat penggunaannya dengan o tsukaresama desu, jangan tertukar posisi siapa yang mengucapkan :) . o tsukaresama deshita juga bisa digunakan untuk memuji orang/tim yang telah menyelesaikan suatu proyek/pekerjaan.

sayonara, kosakata yang sudah akrab, bahkan bagi orang yang tidak mengerti bahasa Jepang pun. Artinya "selamat tinggal", dan tentu saja digunakan untuk berpisah.

Demikian kosakata-kosakata aisatsu untuk pertemuan kali ini. Semoga bermanfaat.

Kosakata hari ini (keyword : aisatsu 2) :
1. sumimasen
2. arigatou gozaimasu
3. moushiwake arimasen
4. gomen nasai
5. shitsurei shimasu
6. o saki ni shitsurei shimasu
7. o tsukaresama desu
8. o tsukaresama deshita
9. sayonara

(mza)
Posted by arymza at 9:32 AM 0 comments
Labels: aisatsu
Thursday, April 16, 2009
Sapaan (aisatsu)
Mengucapkan salam merupakan hal yang penting dalam interaksi antar manusia. Dan bagi orang Jepang pun juga sama, tidak ada pengecualian. Orang Jepang sangat menjunjung tinggi hubungan antar manusia, mereka umumnya tidak ingin menyakiti perasaan lawan bicara mereka. Untuk itu, menyapa yang baik merupakan langkah awal untuk hubungan yang mulus.

Berikut beberapa sapaan yang umum digunakan :

Hajimemashite, digunakan untuk memperkenalkan diri. Artinya "salam kenal". Misalnya dalam kalimat 「Hajimemashite, watashi (saya) wa Ary desu」 yang artinya "Salam kenal, saya Ary"

Ohayou gozaimasu, artinya "selamat pagi". Tentunya ini sapaan di pagi hari. Di dalam rumah, bila pertama kali bertemu dengan anggota keluarga pada pagi hari, salam ini diucapkan. Bila Anda masuk kerja, atau berpapasan dengan kenalan atau tetangga di pagi hari, ucapkan salam ini. Menyapa dengan sapaan ini dijawab dengan sapaan yang sama. Gozaimasu bisa dihilangkan pada kondisi non-formal dan akrab.

Konnichiwa, artinya "selamat siang" atau "halo". Digunakan sekitar pukul 11.00-17.00.

Konbanwa, artinya "selamat sore/malam", digunakan ketika hari sudah gelap.

O genki desu ka? , artinya "apa kabar?" atau "apakah Anda sehat-sehat saja?" Genki itu sendiri artinya "sehat/ceria", sehingga bila ditanya 「o genki desu ka?」 jawabnya adalah 「genki desu」. Pertanyaan ini merupakan sapaan, bukan menanyakan kabar yang sebenarnya, sama halnya dengan pertanyaan "How are you?" yang selalu dijawab dengan jawaban positif. Bukan begitu ?

Yoroshiku onegaishimasu, agak susah juga mengartikannya karena artinya mengambang. Di komik-komik, buku, atau terjemahan film/dorama/anime sering diterjemahkan "mohon bantuannya" atau "mohon perlakukan saya dengan baik". Kata ini digunakan di akhir percakapan, seperti ketika kita berkenalan tadi,「hajimemashite, watashi wa ary desu. yoroshiku onegaishimasu」 atau ketika kita meminta bantuan orang lain dan orang lain itu bersedia memberikan bantuan maka setelah mengucapkan terima kasih kita mengucapkan yoroshiku onegaishimasu. Begitu pun ketika ada orang menawarkan bantuan, kita mengucapkan hal yang sama setelah berterima kasih. Juga ketika kita berbuat salah atau melakukan sesuatu yang kira-kira merepotkan orang lain, maka kalimat akhir kita ditutup dengan yoroshiku onegaishimasu. Intinya, ketika kita merasa bahwa orang lain akan/sedang/sudah memperlakukan kita dengan baik, maka kita mengucapkan yoroshiku onegaishimasu.

Sementara kita batasi kata-kata sapaan kita sampai disini, postingan selanjutnya juga akan membahas hal yang sama dengan kosa kata yang berbeda.

Kosakata baru hari ini (keyword : aisatsu 1) :
1. Hajimemashite
2. Ohayou gozaimasu
3. Konnichiwa
4. Konbanwa
5. O genki desu ka
6. Yoroshiku onegaishimasu

7. Watashi
8. Genki

(mza)
Posted by arymza at 10:38 PM 0 comments
Labels: aisatsu
Monday, April 13, 2009
Penulisan dan Pelafalan
Tulisan ini hanya pengantar cara penulisan di blog ini dan bagaimana cara pengucapannya...

Orang Jepang menggunakan 3 macam huruf untuk menuliskan bahasanya : Hiragana, Katakana, dan Kanji.
Tapi saya tidak akan membahas penggunaan 3 macam huruf itu karena untuk pemula saya akan menggunakan jenis huruf yang keempat yang rasanya hampir tidak pernah digunakan oleh orang Jepang : Romaji alias huruf Romawi (ji = huruf).

Huruf Romaji ya alfabet yang biasa kita gunakan ini, huruf dari a-z. Ini digunakan untuk memudahkan orang asing mempelajari bahasa Jepang.

Berikut beberapa aturan dan kebiasaan dalam bahasa Jepang :

1. Penulisan romaji mengikuti ejaan dari hiragana, katakana (keduanya ini kadang cukup dibilang "kana"), atau kanji. Jadi apa yang dibaca akan menjadi sama apakah tertulis dalam romaji ataukah kana/kanji.
2. Pelafalan bahasa Jepang tidak asing bagi lidah bahasa Indonesia. Apa yang ditulis itulah yang dibaca. Tidak seperti ketika lidah orang Indonesia melafalkan bahasa Inggris, misalkan "You are" yang malah dibaca "yuu arr" dll, pelafalan bahasa Jepang sama dengan pelafalan lidah kita. Misalkan "gohan" (nasi) akan tetap dibaca "gohan" dan tidak akan menjadi "gohen" kalau bacanya di-"Inggris"-kan :)
3. Dalam bahasa Jepang, tidak ada pelafalan 'e' seperti pada kata "dengan", "begitu", atau "tetapi". Hanya ada 'e' seperti pada kata "merah" atau "enak".
4. Lafal 'u' pada kata "desu" atau kata yang berakhiran "-masu" tidak dibunyikan, atau diucapkan mengecil/halus. Jadi, kata "desu" dilafalkan "des" atau "desu", begitupun "shimasu" diucapkan menjadi "shimas" atau "shimasu"
5. Begitupun dengan 'shi', lafal 'i' nya hilang atau menghalus. Seperti pada kata "shimashita" menjadi "shimashta" atau "shimashita"
6. Pada kata dimana 'o' dan 'u' bergandengan, umumnya 'u' tidak dibaca dan 'o' dibaca memanjang. Misalnya "arigatou" dibaca "arigatoo", "shimashou" dibaca "shimashoo"

Sementara sekian dulu aturan dan kebiasaan yang ada. Kalau terlalu banyak malah jadi bingung dan susah mengingatnya.
Selanjutnya mari kita melangkah ke materi pertama :)

(mza)
Posted by arymza at 9:17 PM 0 comments
Labels: pelafalan
Sunday, April 12, 2009
Perkenalan
Hajimemashite, salam kenal !

Sekian lama berkecimpung di dunia bahasa Jepang, pengen rasanya berbagi ilmu dan pengalaman tentang dunia ini.

Buat Anda yang baru pertama kali memasuki ranah bahasa ini, selamat datang ! Anda akan memasuki dunia yang sangat unik dalam banyak hal. Keunikan ini yang membuat orang sering bingung darimana harus memulai belajar bahasa Jepang.

Buat Anda yang sudah biasa bergelut dengan dunia ini, gimana kesan-kesannya ? Menyenangkan? Susah? Hmm, memang tidak mudah. Tapi bila kita mempelajarinya dengan hati yang riang, dan penyampaiannya menyenangkan, saya rasa bahasa ini - daripada dibilang susah lebih cocok dibilang - unik dan eksotis :)

Nah, itu lah tujuan saya membuat blog ini.
Saya ingin berbagi pengetahuan tentang bahasa Jepang dengan penyampaian yang enak dan tidak menyeramkan sehingga akan membuat down orang-orang yang ingin belajar dengan fun.
Dengan pendekatan yang mungkin berbeda dengan literatur-literatur yang ada di toko buku atau artikel internet yang sudah ada.
Posting-posting awal mungkin membosankan buat yang sudah punya background bahasa Jepang atau pernah bersentuhan. Tapi buat yang masih blank, saya kira posting awal ini tetap penting untuk disampaikan agar tidak bingung dalam membaca artikel-artikel selanjutnya.

Agar tidak banyak mengumbar kata, ayo kita mulai mempelajari bahasa Jepang ini, dengan simpel !

--------------
---------------
--------------
Penulisan dan Pelafalan
Tulisan ini hanya pengantar cara penulisan di blog ini dan bagaimana cara pengucapannya...

Orang Jepang menggunakan 3 macam huruf untuk menuliskan bahasanya : Hiragana, Katakana, dan Kanji.
Tapi saya tidak akan membahas penggunaan 3 macam huruf itu karena untuk pemula saya akan menggunakan jenis huruf yang keempat yang rasanya hampir tidak pernah digunakan oleh orang Jepang : Romaji alias huruf Romawi (ji = huruf).

Huruf Romaji ya alfabet yang biasa kita gunakan ini, huruf dari a-z. Ini digunakan untuk memudahkan orang asing mempelajari bahasa Jepang.

Berikut beberapa aturan dan kebiasaan dalam bahasa Jepang :

1. Penulisan romaji mengikuti ejaan dari hiragana, katakana (keduanya ini kadang cukup dibilang "kana"), atau kanji. Jadi apa yang dibaca akan menjadi sama apakah tertulis dalam romaji ataukah kana/kanji.
2. Pelafalan bahasa Jepang tidak asing bagi lidah bahasa Indonesia. Apa yang ditulis itulah yang dibaca. Tidak seperti ketika lidah orang Indonesia melafalkan bahasa Inggris, misalkan "You are" yang malah dibaca "yuu arr" dll, pelafalan bahasa Jepang sama dengan pelafalan lidah kita. Misalkan "gohan" (nasi) akan tetap dibaca "gohan" dan tidak akan menjadi "gohen" kalau bacanya di-"Inggris"-kan :)
3. Dalam bahasa Jepang, tidak ada pelafalan 'e' seperti pada kata "dengan", "begitu", atau "tetapi". Hanya ada 'e' seperti pada kata "merah" atau "enak".
4. Lafal 'u' pada kata "desu" atau kata yang berakhiran "-masu" tidak dibunyikan, atau diucapkan mengecil/halus. Jadi, kata "desu" dilafalkan "des" atau "desu", begitupun "shimasu" diucapkan menjadi "shimas" atau "shimasu"
5. Begitupun dengan 'shi', lafal 'i' nya hilang atau menghalus. Seperti pada kata "shimashita" menjadi "shimashta" atau "shimashita"
6. Pada kata dimana 'o' dan 'u' bergandengan, umumnya 'u' tidak dibaca dan 'o' dibaca memanjang. Misalnya "arigatou" dibaca "arigatoo", "shimashou" dibaca "shimashoo"

Sementara sekian dulu aturan dan kebiasaan yang ada. Kalau terlalu banyak malah jadi bingung dan susah mengingatnya.
Selanjutnya mari kita melangkah ke materi pertama :)

Perkenalan
Hajimemashite, salam kenal !

Sekian lama berkecimpung di dunia bahasa Jepang, pengen rasanya berbagi ilmu dan pengalaman tentang dunia ini.

Buat Anda yang baru pertama kali memasuki ranah bahasa ini, selamat datang ! Anda akan memasuki dunia yang sangat unik dalam banyak hal. Keunikan ini yang membuat orang sering bingung darimana harus memulai belajar bahasa Jepang.

Buat Anda yang sudah biasa bergelut dengan dunia ini, gimana kesan-kesannya ? Menyenangkan? Susah? Hmm, memang tidak mudah. Tapi bila kita mempelajarinya dengan hati yang riang, dan penyampaiannya menyenangkan, saya rasa bahasa ini - daripada dibilang susah lebih cocok dibilang - unik dan eksotis :)

Nah, itu lah tujuan saya membuat blog ini.
Saya ingin berbagi pengetahuan tentang bahasa Jepang dengan penyampaian yang enak dan tidak menyeramkan sehingga akan membuat down orang-orang yang ingin belajar dengan fun.
Dengan pendekatan yang mungkin berbeda dengan literatur-literatur yang ada di toko buku atau artikel internet yang sudah ada.
Posting-posting awal mungkin membosankan buat yang sudah punya background bahasa Jepang atau pernah bersentuhan. Tapi buat yang masih blank, saya kira posting awal ini tetap penting untuk disampaikan agar tidak bingung dalam membaca artikel-artikel selanjutnya.

Agar tidak banyak mengumbar kata, ayo kita mulai mempelajari bahasa Jepang ini, dengan simpel !
this file taken from http://b-jepang.blogspot.com/2009/04/perkenalan.html
thank's you verry much

------------------------ ----------
------------------------- ----------
------------------------ ----------


Belajar Tulisan Jepang

26 01 2008 tis file taken from http://greatrendyman.wordpress.com/2008/01/26/belajar-tulisan-jepang/
Thank's for your attention

Duh, gw ga ada kerjaan nih di kamar, udah disini sendirian, kamarnya super mini, ga ada springbed (cuma pake futon / kasur ala jepang yang sering nobita pake hehe), ga bisa tidur pula! ya udah biar gw ngantuk, gw nge-post pelajaran bahasa jepang aja deh, kali2 ada yang tertarik.

Buat belajar bahasa jepang, intinya pertama2 kita harus belajar 3 tipe huruf, yaitu hiragana, katakana, dan kanji. banyak orang awam yang sblm belajar bahasa jepang udah ketakutan gara2 huruf2 ini, padahal buat belajar huruf2 ini sama skali ga susah. sebelum gw kasih diagram huruf ini, gw kasih tau dulu perbedaan2nya.

1. Hiragana

Huruf hiragana itu adalah huruf standard jepang (kayak abjad di alphabet lah). jadi biasanya anak2 tk kalau belajar tulisan, mulai dari hiragana dulu. sementara kalau udah sd, udah mulai belajar kanji. oh iya, kalo mau blajar jepang, at least harus bisa baca hiragana. gampang kok, coba2 aja di ulang2, paling dalem sehari juga udah apal.

hira1a1.jpg

Chart hiragana di atas adalah struktur hiragana yang paling dasar. kalo smua hiragana yang ada di chart atas udah apal smua, kita lanjutin ke bawah yok! yang di bawah tinggal tambahan2nya doang kok. perhatiin deh, cuma beda titik dua dan buletan. tapi kalo kita tambahin titik dua atau buletan di sebelah atas tulisan hiragana, bunyinya bakal berubah. kita liat deh bedanya :

hirchart2.jpg

Kalo chart yang di atas udah bisa juga, kita lanjutin ke bagian terakhir. jadi kita bisa ngegabungin huruf hiragana dengan huruf hiragana yang kecil. nih kita liat bunyi2nya :

ok.jpg

Skarang coba deh baca kalimat di bawah ini, pelan2 aja :

contohhir.gif

Kalo kita liat contoh nomor 1, knapa huruf “ha” bacanya jadi “wa”? huruf “ha” disitu fungsinya hanya sebagai penanda subjek, dimana subjeknya kan “saya” / “watashi”. jadi kalo kita nulis “ha” yang berfungsi sebagai penanda subjek doang, bacanya menjadi “wa”. oh iya, ini ada web utk belajar cara nulis hiragana yang bener : klik disini

2.Katakana

Huruf katakana adalah huruf yang digunain buat nulis kata2 serapan. berhubung abjad standard jepang ga bisa mencakup seluruh pronounciation dari bahasa lain (kayak misalnya huruf V, huruf W, dll), orang jepang membuat beberapa huruf2 khusus untuk melafalkan bunyi2 yang ga ada di bahasa standard jepang. jadi untuk penulisan nama orang2 asing (kayak kita2 gini), harus make huruf katakana.

kana1a.jpg

Sama kayak hiragana, ada 5 huruf dalam katakana yang bisa berubah kalo ditambahin titik dua atau buletan :

kana2.jpg

Karena di bahasa jepang ga ada pelafalan huruf “v”, bunyi “wi” dan beberapa bunyi lain, untuk men-jepang-kan bahasa asing yang mengandung bunyi2 tsb ada beberapa tambahan kombinasi huruf di katakana:

contohkat1.gif

3. Kanji

Kanji itu sbenernya aksara yang pertama kali dibuat oleh cina (tapi skarang korea lagi ngotot, katanya korea yang nemuin hehe), dan menurut sejarah jaman dulu banget, ada utusan dari jepang yang dateng ke cina untuk mempelajari huruf2 ini. sampe akhirnya berlakulah sistem penulisan kanji juga di jepang. kanji cina dan jepang sama persis, ga ada bedanya. cuma di cina sendiri (kecuali taiwan), kanji yang di pake skarang ini adalah kanji yang udah di modifikasi menjadi lebih mudah. sementara di jepang masih kanji dengan versi original.

Cara membaca kanji sendiri dibagi menjadi 2 jenis : kunyomi dan onyomi. kunyomi adalah cara membaca versi jepang, sementara onyomi adalah cara membaca versi cina. kunyomi biasanya dipake untuk nulis kata2 kerja (kebanyakan sih kata kerja, tapi ada kasus2 lain juga), sementara onyomi untuk kata2 gabungan. dulu gw sempet bingung, katanya onyomi adalah cara membaca kanji versi cina, tapi kok bunyinya bener2 beda ya ama kanji bahasa cina? tapi setelah gw tanya2 sama orang2 cina daratan, banyak sih bunyi kanji mereka sama kanji jepang yang “rada” mirip kalo dibaca dengan onyomi, walaupun sbenernya beda cara bacanya (mungkin krn orang jepang ga bisa ngebaca dengan logat cina, makanya akhirnya logat cina-nya pun dijadiin logat jepang hehehe).

taberu.gif Kanji disebelah kiri ini cara bacanya “Taberu” yang artinya adalah makan. ini adalah salah satu contoh cara pembacaan kanji dengan kunyomi atau cara baca versi jepang. jadi biasanya kalo pembacaan dengan kunyomi, selain kanji, ada kombinasi dari hiragana juga.

nomu.gif Nah skarang gw kasih contoh ke dua. kanji disebelah kiri ini adalah kanji dengan cara baca kunyomi (ada hiragananya lagi kan disebelah kanannya), bunyinya “Nomu” yang artinya minum. selain ada kanji disebelah kanannya, di atas kanji-nya sendiri ada hiragana kan? nah itu disebut furigana. furigana sbenernya ga usah di tulis juga gpp, tapi untuk ngebantu anak kecil atau orang2 asing supaya gampang baca kanji, kadang2 suka ditambahin di atas kanji itu sendiri sbg penuntun.

inshoku.gif Ok, skarang sebagai contoh cara baca onyomi / versi cina, kita liat gambar di kiri deh. cara bacanya “inshoku” yang artinya makan dan minum. jadi biasanya kalo ada kanji gabungan kayak gini, cara membacanya dengan onyomi (versi cina), walaupun banyak juga sih kasus2 yang harus dibaca dengan kunyomi. jadi dari contoh yang gw kasih tadi bisa keliatan kan kalo 1 buah kanji itu ada macem2 cara bacanya. misalnya kanji makan, kalo dibaca dengan kunyomi bunyinya “Taberu”, tapi kalo dibaca dengan onyomi bunyinya “shoku”. kanji minum juga kayak gitu, kalo dengan kunyomi bacanya “Nomu”, tapi kalo dengan onyomi bacanya “in”.

Jujur sih kalo buat blajar kanji emang harus niat. kalo cuma pengen skedar bisa ngomong bahasa sehari2 aja sih, ga penting2 banget menurut gw. asal bisa hiragana, katakana, dan kanji2 dasar aja udah cukup kok. kalau udah bisa baca, coba belajar grammar yok!

« Radiohead Sabtu2 Rapat »

Actions
* rss Comments RSS
* trackback Trackback

Information
* Date : January 26, 2008
* Tags: belajar hiragana, belajar katakana, kanji jepang
* Categories : Belajar

Like
Be the first to like this post.
239 responses

5 05 2008
khaliq Arrasyid (20:07:50) :

thank’s banget, its so simple …
Reply
12 02 2010
IWANGGA (15:49:22) :

ADHIT,INDRA,EDO.
SaLam y…. Bwt Mrk Smwa…………….
Reply
5 05 2008
vit (20:23:37) :

wow keren….kalo penulisan Akahito Ajibana mesti d tulis jadi gimana nih….
Reply
5 05 2008
vit (20:24:55) :

wow keren….kalo penulisan Akahito Ajibana mesti d tulis jadi gimana nih…..
Reply
2 03 2010
bernadette (14:24:26) :

赤人 味花 jadinya.. hehe..
赤 ->aka -> merah
人 -> hito –> orang
味 -> aji -> rasa
花 ⇒ hana -> bunga.

kira2 deh..
Reply
9 11 2010
andi (14:29:55) :

wew
8 05 2008
lovINA (17:25:36) :

wah…hebat,,,,,,

aQ mau tanya nh,….

kan di Nihongo da kata yg menggunkan dua konsonan,…

trus itu menulisnya gimana????
Reply
29 10 2009
nurabel (14:55:52) :

ya kalo nulisnya mah gampang2 aj sih. cuma itu,,,,, kudu dijelasin

nulis jepang ma belajar bahasa jepang enak lho,,,, uasikkkk tenan, weleh2 .
Reply
7 09 2010
jacky (13:51:04) :

baka yarou sring dipake di jepang ya bahasanya
8 05 2008
lovINA (17:29:20) :

wah…hebat,,,,,,

aQ mau tanya nh,….

kan di Nihongo da kata yg menggunkan dua konsonan,…

trus itu menulisnya gimana????

aQ jg mau tanya, ap di jepang itu tulisan kanji selalu bertambah atau tetap….??

mengingat ad kabar lok kanji itu mewakili satu kata/benda…(benar g nih..)

lok y, berarti kan jika da kata baru kanji jg akan bertambah,…..
Reply
11 05 2008
rendyharahap (16:32:48) :

@ khaliq Arrasyid : thanks ;)

@vit : wah kalau penulisan kanji utk nama orang2 jepang teorinya jauh lebih ribet lagi. tapi kalo untuk “akahito ajibana” mungkin ditulis kayak gini :
klik
aka = merah, hito=orang, aji=rasa, hana(bana)=bunga

@lovINA : kalau ada kata benda baru, kanji ga akan bertambah. nama benda baru itu biasanya dibuat dari gabungan kanji2 yang udah ada. tapi biasanya sih kalau di bahasa jepang, misalnya ada benda baru yang ditemuin, rata2 ditulis dengan katakana. kayak contohnya komputer, jaman dulu kan blom ada komputer tuh, jadi mereka ga ngebuat kanji utk komputer, melainkan men-jepangkan kata benda komputer dengan katakana. jadi nulisnya :
klik

kalau mau lebih detail tentang kanji, coba deh tanya sama orang yang bisa mandarin. krn kanji kan asalnya dari cina, jadi mereka bisa ngejelasin lebih detail tentang sejarah dllnya. kalau di cina-pun, misalnya ada benda baru, mereka ga akan membuat kanji baru. misalnya komputer, komputer dalam bahasa mandarin di tulis :
klik

dua kanji di atas adalah kanji listrik dan kanji otak(dalam kanji mandarin, bukan jepang). jadi kalau kita terjemahin kanji komputer dalam bahasa mandarin, artinya otak listrik. gitu hehehe .. mudah2an jelas. intinya ga akan ada penambahan kanji baru. kalaupun ada benda baru yang ditemukan, utk ngebuat kata benda baru tersebut hanya akan menggunakan gabungan dari kanji2 yang udah ada.
Reply
14 05 2008
andi Prasetyo (15:11:56) :

Thanks A lot for all Information. ditunggu lagi pelajaran berikutnya……

salam kenal.
Reply
12 02 2010
iGiNhjk (15:46:24) :

SALAM BWT MARIMAN,SUTILAH,y………………………………………………
Reply
15 05 2008
Uti_kaWai (23:50:17) :

Arigatou bwt informasinya…
Reply
24 05 2008
DEPHOERZ (22:25:15) :

MAKASIH COY
Reply
24 05 2008
rendyharahap (23:41:57) :

@andi Prasetyo : sama2, salam kenal juga

@Uti_kaWai : douitashimashite..

@DEPHOERZ : no problemo bos..
Reply
28 05 2008
arkan (18:25:03) :

mas, bisa tambahin tentang sejarah-sejarah hurufnya gak? lagi butuh ni buat tugas. Thx.
Reply
28 05 2008
inge (19:11:01) :

Ati-ati guru sesat neh hauhauha…
kaburr…
pulang yok, dah laperrrr…
maksudnya traktir plis pak guru^^
Reply
29 05 2008
rendyharahap (13:40:56) :

@arkan : waduh, gw ini ga tau apa2 tentang sejarah jepang, jadi gw ga bisa bantu untuk ceritain detailnya. kalau mau sejarah yang lengkap bisa liat 2 link dibawah ini. sorry ga bisa banyak bantu.
History of Kanji
Wikipedia

@inge : lumayan nge, bisnis sampingan buat jalan2 hahaha
Reply
3 06 2008
inge (09:59:47) :

weits lu terima duit tah???
Traktir dunk kalo gitu biar banyak pahala…
wakakaka…..
doh kurang kerjaan banget ngomentarin blog lu^^
Reply
15 07 2008
ikoiko (18:18:37) :

hai…hai hajimemashite,…..
anoo…. itu bukannya kebalik yach hurufnya antara katakana n hiragana
Reply
15 07 2008
ikoiko (18:30:47) :

uupppsss koreksi enh,… ternyata emang bener kaya gitu ga ketuker…
hehehehe maap newbie neh…
Reply
25 07 2008
Ayya (22:02:15) :

boLeh naNya ya..
gimaNa cara nuLis:

1. Mike Miller
2. Watt
3. Smith
4. Gupta

dalam huruf Katakana???

tolong dijawab yaa…

makasih..
:)
Reply
8 08 2010
ALBERT (18:13:30) :

GMPANG KLI……CARA NYA CARI AJA NDIRI OK……
Reply
28 07 2008
Ratna (14:23:01) :

mang lu tinggal di jepang beneran yach?? :-) pengin tau doank….
boleh berguru neh ama situ coz qu baru blajar bj nulis hiragana n katagana
mw tny dunk :
penggunaan maru n tenten n ya yu yo gimana yach?
qu mseh bingung bgt
thx.
Reply
9 08 2008
rendyharahap (04:50:07) :

@ikoiko : hehe, gpp kok. emang hurufnya rada2 mirip, cuma yang katakana lebih kaku

@Ayya : cara tulisnya kayak gini : klik

btw itu semua bukannya nama2 tokoh dari buku minna no nihongo ya?

@Ratna : maru (atau buletan) sama tenten (atau 2 titik) hanya dipake utk merubah bunyi huruf2 hiragana + katakana doang kok. misalnya huruf “HA”, kalau dipakein maru bacanya jadi “PA”, kalau dipakein tenten bacanya jadi “BA”. contoh lainnya, misalnya huruf “KA” kalau dipakein tenten jadi “GA”, dst. untuk pemakaian maru, hanya bisa dipakai di huruf “HA” (termasuk “HI FU HE HO”, sementara kalau tenten bisa dipakai di huruf “HA TA SA KA”.

Kalau huruf “YA YU YO” bisa kita pakai sebagai huruf biasa, atau bisa kita pakai juga sebagai huruf kecil (maksudnya sebagai pasangan dari huruf lainnya). misalnya kita mau tulis “YOGA”, kita bisa langsung tulis huruf “YO” ditambah huruf “GA”. tapi kalau kita mau tulis “NYONYA”, berarti kita harus tulis kombinasi dari huruf “NI ditambah YO kecil” + huruf “NI ditambah YA kecil”, dst. mudah2an jelas ya, nih ada contoh penulisannya supaya lebih jelas : klik
*note : kalau ada huruf “N” dibelakang, dibacanya “NG” (liat contoh tulisan “sayang”)
Reply
26 08 2008
Tn.aii (12:16:06) :

bung……. tulisin kata2… kaka sayang dede..
kirimin ke e-mail gwe di…..arief.pratomo@yahoo.com
keyz…
Reply
23 09 2008
rendyharahap (03:42:19) :

@Tn.aii : bung, saya jawab via blog aja ya. untuk liat cara nulisnya, klik link ini : klik
Reply
24 09 2008
yudi adhitiya (22:54:23) :

klo bahasa jepang nya saya syang via
Reply
27 09 2008
a3 (05:51:42) :

wah ren jd penerjemah lo ?:D
Reply
29 09 2008
andre (19:41:51) :

gimana sih cara nulisnya YESUS dalam bahasa jepang/ dalam huruf kanji?
tolong bantuannya ya… soalnya perlu banget… kalo bs kirim ke email aku ya..
makasih banyak…
Reply
6 10 2008
Ahyar (01:05:18) :

Thanks mas!Ni blog kren lo
gimana ceritanya bisa k jepang?
Lam kenal ya…
Reply
6 10 2008
rendyharahap (13:28:39) :

@yudi adhitiya : wah disini kayaknya ga ada bahasa “sayang” deh. adanya cinta sama suka. kalo mau ngomong cinta brarti : “via wo aishiteru”, kalo mau ngomong suka “via ga suki”.

@a3 : tau nih bon, pusing lama2

@andre : untuk liat cara menulisnya dengan katakana : klik. sebenernya setelah dicek di internet, ada juga cara penulisan dengan kanji, tapi kayaknya udah ga dipake lagi skarang. jadi cukup ditulis dengan katakana. krn gw beda keyakinan, gw ga tau terlalu detail ttg sejarah penulisan dengan kanji-nya. kalau ada salah2 mohon dikoreksi

@Ahyar : thanks! caranya bisa kesini, dulu gw ikutan program kerjasama kampus gw sama perusahaan jepang yang ada di tokyo. jadi berhubung kerjaannya masih di dunia2 IT, visa gw disini tercatat sebagai visa engineer.
Reply
1 11 2008
andri (15:07:35) :

bro,,, buatin kta” kata
andRi FiRst dalam tulisan jepang la bro…………

tiga-tigaya ya……….

kirim ke Email ya di andrickp@gmail.com

haRuz di bales…………
Reply
4 11 2008
Panjulian (20:47:19) :

pusing neh gw liat nya…..
apalagi baca nya…. bused dah bisa gila neh gw….

yg mw ajarin gw private bhs jpn, pls donk k humz gw… ajarin!

Haruz ce jpn asli yg merah” bispak… awkowkowkowakowakwaokwawoakwo’
jadi g BT klo lg blajar nya…. hehe’
Reply
7 11 2008
sefi (16:06:25) :

arigato informasinya,
gimana caranya biar bs dpt beasiswa ke jepang
balez ya,onegai………!
Reply
22 11 2008
ngomong jepang (15:20:41) :

mas aku copy boleh ya huruf-hurufnya
Reply
22 11 2008
ngomong jepang (15:21:04) :

teima kasih banyak
Reply
24 11 2008
ichad imut (12:41:20) :

Subhanallah!!!
makaciiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhh….
akhirnya saya bisa belajar jugaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!

Arigathou gozaimasta!!!!!!
Reply
28 11 2008
reriseptriati (14:33:18) :

aisatsu. .
atashi wa cici desu.
Tolong, . .
kirimi saya informasi lebih banyak tentang belajar bahasa jepang bagi pemula. Dan cara2 penulisan huruf katakana dan hiragana. Trus vocab2 yang gak ribet.
terima ksaih atas perhatiannya.

arigatou gozaimasu. . .
Reply
5 12 2008
dina (18:04:22) :

mass aku tolong artikan nama”DEBY SANTOSA “donk

plissssssssssssssssssssssssssssssssssssss…………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………yoch mass thanks
arigatou gozaimasu

tolong kirim ke email ini ya:coker8oys@yahoo.co.id atu s.dina90@yahoo.co.id
Reply
16 12 2008
Tony (04:51:31) :

mohon bantuin saya
tolong tulisan untuk
GOOD LUCK, FOREVER YOUNG, TUHAN MEMBERKATI, PENCINTA, TAMPAN, DICINTAI WANITA, GOOD LOOKING,
Tolong email saya di: toni_ackles@yahoo.com
segera
thanks
Reply
22 12 2008
Ratna Irawati (19:30:53) :

Duh salut deh, gimana caranya biar lancar ngomong. Gue dah pernah kursus tapi kayanya kurang efektif karna cuma sebentar ( sesuai program dari kantor aja )
Reply
23 12 2008
cha granger (13:34:52) :

I GVE UP TULLISAN OR NAHASA JEPANGNYA GIMANA?
Reply
31 12 2008
RATNA (17:30:32) :

hajimemashite,,
watashi wa ratna desu…nihon jin ja arimasen..daisuki na aisukuriimu..douzo yoroshiku onengaeshimasu….
apa ada kt2 nyang salah??
ru ajj ngenal nie bahasa,,,,,
gw suki buanged ma jpang,,,,dr gaya sampe teknologhi’a…
i like harajuku style….
jd gw tunggu lo-lo yang pada mo add my eph-ez,,,,
nie fz gw,,,
RATNA@HARAZUKU.com
arigatou gozaimasu
Reply
2 01 2009
ru3_dy (11:59:31) :

bagus banget ni, tapi aku masih belum paham . . . . . . .
biasa bantuin aku gak buatin nama ICHAN dengan huruf jepang . . . . . . . mohon bantuannya yach . . . . . . . .
Reply
3 01 2009
ice tea (11:10:31) :

permisi….
numpang lewat…!!!
tapi keren abiz..!!
cekces tyus…
Reply
20 01 2009
uri (13:45:41) :

gmn cara nulis yg bner soalx aku lg disruh kursus bhs jepang nech ……!!!
but tengkyu imfox lmyn ada tmbahan plajarn dikit..
upzz klo da info lg ksh tau yaaaa……..
hehehehe….
tengkyu…..be4.
Reply
31 01 2009
T-Rex Butterfly (05:58:10) :

Wadoh…

Bhs Indonesia aja nggax karuan aqo…

Bagaimana mau bhs jepang…

xixixi…
Reply
10 02 2009
echie (00:33:47) :

hai..hai.. gw mau nanya kalo nama echie tulisan jepangny gmn y???
Reply
22 02 2009
rendyharahap (01:00:20) :

@andri : andri 1st nulisnya kayak gini : klik. hah? tiga2 apa maksudnya?

@Panjulian : wah kalo mau guru cewek “private” silahkan di search sendiri di web ya hahaha

@sefi : sorry gw ga tau informasi beasiswa jepang. gw kerja disini krn dapet lowongan dari kampus dulu (binus). krn disini banyak bgt lowongan untuk IT, jadi kemungkinan dapet kerja juga gede.

@ngomong jepang : monggo silahkan di copy

@ichad imut : sama2, mudah2an cepet lancar baca tulisan2nya

@reriseptriati : wah kalo mau belajar dasar2 jepang, yang paling bagus sih belajar dari buku kayaknya. buku paling standard dan bagus yang ada di indonesia = minna no nihongo

@dina : artikan nama? maksudnya tuliskan ya? kalo tulisannya jadi gini : klik

@Tony : waduh banyak bener ya. maksudnya minta di terjemahin atau ditulisin? sorry ya ga semuanya : klik

@Ratna Irawati : wah caranya gimana ya .. pokoknya selama suka bahasanya, kayaknya sesusah apapun pasti bisa nguasain deh akhirnya..

@cha granger : nulisnya kayak gini : klik

@RATNA : bener kok jepangnya, cuma “daisuki na aisukuriimu”-nya ditambahin dikit : “daisuki na tabemono wa aisukuriimu desu”. yoroshiku..

@ru3_dy : cara nulisnya kayak gini : klik

@ice tea : thanks ya!

@uri : cara nulis yang bener … mmm, susah kalo diajarin via online. tapi kalo belajar di tempat les pasti cepet bisa kok ..

@T-Rex Butterfly : hahaha … dicoba aja, ga susah2 amat kok

@echie : cara nulisnya kayak gini : klik
Reply
25 02 2009
sAKurA uNo (18:13:43) :

neg tulisan jpang na watasahi wa sakura uno gmn??
Reply
6 03 2009
ice~tea (21:44:08) :

hai.hai.
salam kenal..
gw mao nanya gimana caranya nulis “aku” … “cinta” .. ma nulis nama gw
thx
Reply
22 03 2009
Dan (15:13:42) :

tulisa jepang bagus ya.
susah juga.
tapi keren
Reply
23 03 2009
noobee (13:57:14) :

selamat kenal!
Reply
7 04 2009
daViD (14:59:53) :

iRocKhu baND
Reply
7 04 2009
daViD (15:01:38) :

gImana nicH cara nya …
buaT nama band ..
nama nya irockhu band
bantUin donk gimana cara nya jadi tulisan jepang
Reply
8 04 2009
herry (04:34:17) :

halloo….sy mo minta tolong bantuannya nih. saya mo tau klo tulisannya ” Zavier S S” klo bisa kirim ke Herry_gaza@yahoo.com
thanx ya sebelumnya…

Best Regard

Herry
Reply
21 04 2009
Erhellya Nineteen (16:18:40) :

masii ggaa ngertii !!
msa qta” pda cma d’ajarin cara bacanya duamp ?!!

cara nulis na juga dumpp .
prtama” tuw garis yang bagemana duluu.
tuz lanjut ke bikin apa na gituu.

kaya’ hiragana huruf “NI” misal na.
petama” garis dulu angka satu, tuz di sebelahnya
ada garis 2.

pko na kasii tau langkah” mnulis’a dluu dr yg dsar.

Tulunnkk iiiappz ?? =)
Reply
18 05 2009
FaJaR (10:59:19) :

HEY…………………………………………..
NuLis JePanG Fajar TuCh Gimana ………..
KasIh Tau Di fanani.fajar@yahoo.co.id
Reply
5 06 2009
sarah (16:07:06) :

apa ade kamus basa jepang di mari? kok u bisa tau sie?! belinya dimane?
keren you bisa…..
you pernah study tour ke sana po???? bawa oleh2 gax?
Reply
6 06 2009
rendyharahap (03:41:36) :

@sAKurA uNo, ice~tea, herry :
http://greatrendyman.wordpress.com/files/2009/06/translatelagi.gif

@daViD : bos, cara bacanya gimana? airokku? kalo bener berarti tulisannya kayak gini : http://greatrendyman.wordpress.com/files/2009/06/rock.gif

@Dan : hehe, iya sih emang bagus kok tulisan jepang

@noobee : selamat kenal juga!

@Erhellya Nineteen : aduh ga sanggup kalo harus ngajarin dari cara penulisannya, maaf ya hehe .. itu kan diatas udah disediain link ke wikipedia utk langkah2 menulisnya. coba deh akses ini : http://en.wikibooks.org/wiki/Japanese/Kana/Lessons/Hiragana/Lesson_1

@FaJaR : http://greatrendyman.wordpress.com/files/2009/06/fjr.gif

@sarah : banyak rasanya di toko buku hehe .. gw kerja di jepang, jadi mau ga mau harus bisa bahasa jepang. ini oleh2nya blog hehe
Reply
7 06 2009
Rendy Alamsyah (04:11:06) :

tulisan rendy di huruf jepang
Reply
13 06 2009
odeth (00:01:44) :

tengkyu ya…pengen belajar hurup jepang, nemu disini
Reply
13 06 2009
a3 (00:37:26) :

レンディ <-rendy bisa keliatan ga??? waduh koq ni epage jadi cuman pada minta di tulisin, ini mah namanya bukan belajar bhs jepang, tp terjemahin tulisan jepang …. kalo di baca dari pertama ,trus dipelajarin ga perlu nanya lagi udah bisa sendiri koq….. rata2 yang ditanya pake katakana karena itu liat di bagian katakana.. kalo ga yakin tulis disini baru entar di benerin.. ] Reply 15 06 2009 Mikhail Li (17:51:31) : Ya iyalah onyomi kalo dibandingin sama bacaan huruf Cina sekarang emang beda. Begini lho….. tulisan Kanji (kalo bahasa mandarin disebut Hanzi) itu masuk ke Jepang setidaknya dua kali. Yang pertama adalah melalui Korea, sekitar tahun 400-500an. Trus yang kedua sekitar jaman dinasti Tang (ya kira-kira tahun 800an) melalui Cina Selatan. Nha dari sumbernya aja ada dua. Yang pertama dari utara, dan yang kedua dari selatan. Jadi yang disebut “onyomi” sekarang ini ya gabungan atau modifikasi dari kedua sumber tersebut. Bingung ya? Begini lho…. bunyi dalam sebuah bahasa itu tidaklah statis, tapi dinamis banget. Contohnya, kita pake aja contoh bahasa Melayu aja ya, nha bunyi “b” dalam bahasa melayu modern itu merupakan pekembangan dari bunyi “w” dalam bahasa melayu kuno. Jadi “bulan” itu dulu (mungkin sekitar tahun 900an) dilafalkan “wulan”, “batu” dilafalkan “watu”. (sebagai catatan, bunyi “w” untuk “b” ini masih ada dalam bahasa Jawa sampe sekarang). Trus awalan “di” itu dulu dilafalkan “ni”. Awalan “ber” itu dulu dilafalkan “mar”. Jadi ya itu tadi, bahasa itu memang berkembang. Kembali ke onyomi tadi. Ya iyalah, kalo anda membandingkan dengan “onyomi” sekarang (yg pasti donk sudah disesuaikan dengan lidah Jepang dan sudah melewati perkembangan lebih dari 1500 tahun) dengan bahasa Mandarin ya pasti tidak sama. Cuma kalo diperhatikan dengan seksama, masih ada kok jejak-jejak nya. Bahasa mandarin adalah bahasa utara. Perlu anda tahu bahwa bunyi bahasa utara dan bahasa-bahasa selatan di Cina itu berbeda sekali. Saya kasih contoh: untuk melafalkan Tokyo (ibukota Jepang), dalam bahasa utara (saya pakai dialek Beijing sebagai bahan perbandingan) adalah “Dongjing” (baca nya “Tungcing”), sedangkan dalam bahasa selatan (saya pakai dialek Minnan, karena dialek ini dipakai secara mayoritas di Taiwan) adalah “Tongkya”. Nha, mirip khan dengan yang dipakai di selatan, tapi cukup jauh dengan yang di utara. Bukan berarti juga kalo sumber dominan “onyomi” adalah bahasa-bahasa Selatan, karena anda juga harus perhatikan perubahan bunyi (seperti yg telah saya contohkan dalam bahasa melayu di atas). Contohnya bunyi “ichi” (satu). Dalam bahasa mandarin modern, huruf yang terdiri dari satu guratan melintang ini dilafalkan “yi” (baca nya “i”). Namun pada masa lalu huruf ini tidak dilafalkan demikian, melainkan “it”. oleh lidah jepang, karena tidak mungkin melafalkan konsonan sebagai “final” maka ditambahkan satu bunyi vokal lagi sehingga menjadi “ichi”. Perubahan dalam bahasa utara itu besar sekali. kata “wo” yang berarti saya, dalam Dinasti Tang dilafalkan “nga”. “Jing” yang artinya ibukota, menurut para ahli mungkin sekali dilafalkan “kyo” atau “kyong”. Jadi kalau anda mau membandingkan “onyomi” dengan bahasa mandarin (sekali lagi, mandarin adalah bahasa utara), ya mesti dibandingkan dengan bahasa utara jaman itu, bukan sekarang. ya sudah… itu saja dulu….. semoga sukses….. Balas Reply 7 07 2009 nitamiya (22:30:04) : arigatou gozaimasu…^^ Reply 14 07 2009 shan-shan (18:07:20) : Arigatou gozaimasu u infonya. Boleh dong tuliskan kalimat YUKADA SIORI dalam tulisan KANJI…. Ditunggu ya…. Thanks Reply 24 07 2009 ARNY_KIREI (12:57:31) : WAH………. KM HEBAT!!!!!!!!!!!!!!! Q INGIN BGT BS LANCAR BAHASA JEPANG ( BAIK TULIS / NGOMONG ) Q SUKA SEMUA TENTANG JEPANG. I LOVE JAPAN BANYAK2 IMPORMASI LAGI YA TENTANG JEPANG. Q MAU NANYA 1 HAL DARI KEMAREN2 Q COBA BELAJAR KANJI TAPI KOK SULIT BGT YA? GIMANA CARA NYA AGAR Q BISA NULIS KANJI????????????? EMANG KANJI ITU GAK ADA HURUP2 LENGKAP NYA YA, SEPERTI HIRAGANA & KATAKANA??????? KALAU HIRAGANA & KATAKANA KAN AGAK GAMPANG MEMPELAJARI NYA SECARA ADA HURUP2 LENGKAP NYA TINGGAL NGAPALIN DAN MEMPRAKTEKAN NYA. TP KALAU KANJI KOK TDAK? Q JADI BGUNG NI……….. MOHON IMPORMASI NYA ARIGATO NE!! ARNY-BALI Reply 12 10 2009 gu-hin (19:32:30) : Hajimemashita……….. meMang si…. klau blajr kanji kan… ssa untk di Phmi.. TPi klu bljr to kmu pasti biiiisaaaa………….. sayonara………. Reply 28 07 2009 asyifa rahmaliany (15:56:35) : duh gimana sih supaya bisa bahasa korea ma tulisannya perasaan susah banget sih Reply 12 08 2009 ucchan (20:21:47) : hallooooo,,,,, makasih atas infonya,, mau tanya,, memungkinkan ngga ya kalo di hiragana ato katakana tu pake 2 konsonan,, kalo aku liatin lirik lagu, banyak penekanan di huruf kaya kimocchi, itte, kanna, itu gimana nulisnya yo??? mohon dibalas,,, Reply 13 08 2009 Yusma (12:46:13) : wah keren, tapi saya bru pemula… mnon bntuannya…. mau tanya, bsa mnta dftar huruf hiragana n katakana, sma kanji kseluruhan … mkasih… Jazakallahu khairan katsiran (smoga Allah mmblasnya dngan kbaikan)….. masnya muslim kan…?? Reply 20 08 2009 noob (18:45:47) : saya baru ketemu website bagus buat belajar bahasa jepang http://www.japaneseclass.jp ada Bahasa Indonesianya juga di bagian practice! Reply 20 08 2009 Nee-Chan (22:27:27) : Wuuaaaw………. ini sangat berguna…..!!!!!!!! Domo arigato, sensei …! Reply 28 08 2009 Dzikra (17:18:05) : hehe Reply 2 09 2009 sakura (14:16:28) : makacih yoo mnta tlisan hiragana ja taaa…. Reply 3 09 2009 grace (17:38:27) : arigato ^,^ Reply 8 09 2009 Nava (09:55:16) : Aku mau nanya kalo nulis nama varica itu jadi faricha ya? Reply 9 09 2009 akbardica (12:46:50) : bisa kiriminsoal dan pembahasan tentang huruf hyoki daN HIRAGANA Thanks tolong dibalas Reply 17 09 2009 dwie (21:09:57) : hahhoooooh pusing kbnykan Reply 19 09 2009 Yuki (10:03:38) : Konnichiwa..! Websitenya keren banget… Bisa tolong bikinin tulisan buat kata ‘Aika’ sama ‘Millati’ ? Sekalian tanya, Millati itu ada artinya? Kalau ada itu apa? Oh ya, kalau misalkan antara Huruf-huruf diatas tadi. Yang bisa digabung itu apa aja? *contoh -> Hiragana + Kanji*

Tolong perbanyak post tentang Jepang, soalnya aku suka banget sama Jepang.

Arigatou..
Reply
22 09 2009
kiki (21:43:23) :

mcasi ats pelajaran mu now I start understand msqpun sdiqt………………………….bgs bg quntukmu lwbs kanji nya tambhin dong
Reply
25 09 2009
bana (12:44:16) :

kereeeeeeeeeeeeeN.., domo arigatou gozaemas!! ~_~ tulisan nya betul gak yah
Reply
28 09 2009
Yuki (14:57:05) :

Yah… komentarku kok dihapus??
Yosh..! gpp deh..
Mau nanya donk..
artinya : Aika, Reika itu apa??
Terus, nama Millati itu bisa ditulis jepang ya? Pake hiragana, katakana, atau kanji? atau campur?? artinya apa?

tolong tulisin dong (Aika, Reika, sama Millati)… soalnya aku pernah liat ada anak artis jepang dikasih nama Millati n_n

Perbanyak tentang Jepang lagi ya…!
Ja Ne..!!

Tinggal di Jepang ya?Di kota (+ prefekutur) mana nih?
Reply
28 09 2009
Yuki (14:58:58) :

ternyata g diapus toh..cuma belum disetujui T.T
Reply
8 10 2009
agus (15:07:08) :

Iiihhh bagus banget sich aku pegn bsa nulis jepang

enak y lo sa bhsa jepang
Reply
19 10 2009
ikhsan (16:55:31) :

wow keren banget ,,, jdi bsa ngerti tulisannya. tpi kakak tw gak klo tulisan MUHAMMAD IKHSAN NUDIN IMANI itu gimana sh
Reply
16 11 2009
Widita (18:35:48) :

woy klo itu sih nama jepange ” g da kali” .coz muhammad itu adanya di Arab sana!!!di Jepang g da. . . . .
Reply
21 10 2009
rini (12:09:31) :

sory mw nanya, kok huruf hiragananya g bisa dicopy y??? trs cara belajarnya gmn dong???
makasih sebelumnya…
Reply
16 11 2009
Arisato (23:41:00) :

lah bukanna tngal klik kana and save as picture ???
Reply
21 10 2009
Sukrin Ishak (19:18:50) :

Wah..ternyata belajar Bahasa Jepang Ga mudah Yah………..
Reply
25 10 2009
fitri (16:18:53) :

arigato ogozaimasu
Reply
10 11 2009
sigit (00:04:34) :

yg penting semangat j kalok belajar ………!!
Reply
12 11 2009
madara (20:04:11) :

mas saya mau tahu sejak kapan mas mulai belajar nihon go dan kenapa bisa tertarik?
Reply
13 11 2009
Anggun (21:20:09) :

arigatou gozaimasu…..

nihon go ga suki desu.
Reply
16 11 2009
Widita (18:38:59) :

kombanwa. . .aku cuma mow ngucapin JYA GANBATTE, NE ! ! !gambarimasu, Tzukaremasita
Reply
16 11 2009
Arisato (23:39:22) :

keren keren . . .
ajarin lagi yang banyak . . .
Reply
18 11 2009
achsya v-encie (18:27:58) :

uwa ̄suzushii,,,,,,….
watashi ha nihongo no hora wo oshieru
Reply
20 11 2009
matroji dian swara (22:04:27) :

gw mau tanya nih bro buat loh yg tahu bahsa jepangnya PANGERAN LAW APA YAH./….?
Reply
22 11 2009
ananda (13:32:29) :

hai lam knal..
nilis nama i love you kyak mn y….
Reply
22 11 2009
ananda (13:33:39) :

kyak mn nulis bacaan
aku cinta kamu….
please..
Reply
22 11 2009
Dimas Faisal Darmawan (16:26:30) :

bagus!!!

ありがと!!
Reply
25 11 2009
Yuna (12:37:09) :

Gimana cara nulis ai haibara dalam kanji trus kira kira artinya apa ya? Domo arigatou
Reply
9 12 2009
adji (18:27:51) :

watashi wa adji na desu
Reply
13 12 2009
sondriyana (22:12:02) :

bonbawa
hajimimaste
watasi wa sondri desu
dozo yorosiku onegaishimasu
Reply
15 12 2009
ASENG (03:23:25) :

tolong kc tau w donk gmn tulis huruf kanji ASENG. tq
Reply
15 12 2009
Travis Blink 182 (04:08:31) :

bro…gimana penulisan dalam bahasa jepangnya
GRAHAM BELL
kirim ke mr_graham11@yahoo.com
Reply
15 12 2009
Travis Blink 182 (04:09:20) :

bro…gimana penulisan dalam bahasa jepangnya
GRAHAM BELL dan I LOVE YOU TOO MUCH
kirim ke mr_graham11@yahoo.com
Reply
16 12 2009
Etdah Capedeh » Blog Archive » Belajar Tulisan Bahasa Jepang (20:31:33) :

[...] link terkait : http://greatrendyman.wordpress.com/2008/01/26/belajar-tulisan-jepang/ [...]
Reply
19 12 2009
angga_hakuryu (09:33:57) :

bedanya kanji cina taiwan korea ma jepang apa c?? kasi contohnya ya!!!

kanji jepang ada pola2nya ga biar kita bisa gampang belajar???
Reply
24 12 2009
munsu shin angyo onshi (13:09:42) :

ribet banget dah belajar kanji,,,, w dah apl smw.a,,,, tapi kanji doank yang gw kgk ngerti,,,, abisnya sama aja sh ma tulisan china,,,,
Reply
26 12 2009
eko godzilla (15:16:08) :

tolong dong tuliskan godZilla Racing Team pke tulisan jepang,,,,,,,,,,totlong ya,,,,,,, sbelumnya thanks
Reply
27 12 2009
encen (12:29:57) :

surya
Reply
28 12 2009
Saitou akira (04:47:38) :

I love japan…
Hehehehehehe
gw prtma tertarik dngan japan sbnrnya bkan dri budayanya she…Tp dri musiknya…Hehehehe…Tp lama” jadi suka mha budayanya…Wakakakaka

eh bang…Tolong buatin tulisan kanji
“hi shino tenshi” ea…
thanks^^

i love rock japan
Reply
3 01 2010
Tikaaaaa (23:23:57) :

Keren bangeett :)
aku copy ga apa2 ya??
abisnya putus asa sih belajar katakana ga bisa2,,hohoho

thank you so much much much much X )
Reply
4 01 2010
nurul (11:01:57) :

duh,segini kurang wat pembelajaran..ad yg lebih lengkap gga ???
butuh bgd nii.
Reply
4 01 2010
Desi (13:39:51) :

Wah.. arigatou Ne..
Izin copy ya..
Reply
7 01 2010
Mr.Z I Z O U (04:01:05) :

met malem….??? lam kenal ya….!! Tolong bantuin saya dong.. Gimana tulisan ZIDANE pake hurup jepang nya….??? Udah lama banget pengen tauuu,… Thank ya sblum nyaaa…..
Reply
10 01 2010
yhuli (17:55:00) :

mw donk ikutan bljr b.jepang

n pngen tAu lbih bnyk tntang huruf kanji
Reply
13 01 2010
Dinda (18:54:54) :

boleh minta tolong gk………………
Aku pingin tulisan japan
gimana tulisan MELINDA NURSOFIA
akw pingin bgt

Arigatou goizamasu

kalau sdh help saya
Reply
2 03 2010
bernadette (14:34:17) :

メリンダ ヌルソフィア –> melinda nursofia
Reply
15 01 2010
nawa (21:44:08) :

ternyta huruf kanji itu susah
Reply
18 01 2010
a3 (00:14:33) :

kanji susah emank ada seribuan, blm klo dikombinasiin bisa 3xlipatnya artinya
Reply
25 01 2010
Thalya (16:26:47) :

wow keren bngt bhs’a
Reply
28 01 2010
Yessy Cullen (10:19:03) :

Arigatou!Tomodachi!
saya bisa mengenal tulisan Jepang^^
Reply
1 02 2010
arya (21:50:47) :

klo aq copy tulisan kanji dr intrnet pas d buka d kmptr gw ko tulisannya jdi kotak2 ya?
apa ada software wat liatnya ya?apa nama softwarenya download d situs apa?
mksh bnyk
Reply
2 03 2010
bernadette (14:28:15) :

di view –> encode –> unicode settingnya.. kalo saya ya.. coba di encode itu biasanya seh diganti2.. salam..
Reply
2 02 2010
ranzani (17:12:53) :

arigatho… he…
mantab tuh infonya… saya mpe ketinggalan berita nih…
kapan2, bikin lagi…
haussss nih… haus yang berbau jepang2 gitoooh…
Reply
2 02 2010
Tyn (19:24:45) :

waaaaaahhhhhhhhhhhh asyik ya kalau seandainya bisa dengan mudah menulis dalam bahasa jepang….i hope I Can….
Reply
2 02 2010
Juliana (22:02:10) :

:) jepang adalah negara favorit ku.. selain anime yang terkenal n manga… aku juga suka dengan bahasanya. lagi belajar nulis kanji nich.. kalau ngomong sich sudah lancar .. he he he…
Reply
4 02 2010
geri (05:28:25) :

aw. gak ngerti bhasa kanji
Reply
5 02 2010
deny (01:53:09) :

klo penulisan michiko ito gimana yaa….??
Reply
2 03 2010
bernadette (14:26:34) :

美智子 糸
michiko ito
Reply
7 02 2010
rezky (01:38:54) :

HEm …
W SukA BAngET .. B,JApan …
W pengeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeennn KAya
Kaka W … :(
Reply
7 02 2010
rezky (01:40:10) :

hEmZ ….
GImAnA Seh CARA Nya .. PenGEn CePEt BIsa BelajaR JePAng ….
GIMNAaaaaaaaaaaaaa ??????
TemaAAAAAAAaaaaaaN
Reply
11 02 2010
Dhea Shinta (20:20:48) :

Hemzzzzz…..,,,,,,,
mnurut aq . aq ska bhs. Jepang tpi aq ngax bsa nih , gmna cranya aq bsa nich….? !!!!!! zzzzzzzzz.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.
^_^ >_< <(") Reply 26 02 2010 firi (14:47:32) : susah susah gampang ya belajarnya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!”_” Reply 10 03 2010 fonny (19:17:36) : tlngin q dunk.., bwtin 1 lagu bahasa jpang dngan tulisan hiragana ya truz arti nya lngsung dngan bhsa indo,english dan jepang !!!!!!!!! please.., cpt ya.., krim ja ke email q lngsung.., fonny_c@ymail.com Reply 14 03 2010 Lizzi (04:00:24) : Untuk belajar hiragana dan katakana, saya nemu website yg lumayan berguna. Tidak pake flash, tidak pake install, ada cara nulis, cara baca, juga ada game nya, jadi belajarnya mudah. Coba di sini: readbite.net. Reply 23 03 2010 una (14:50:59) : kalo huruf kanji tu da daftarx ga?kaya hiragana n katakana..ko browsing cari daftar huruf kanji ga nemu2? Reply 10 01 2011 cunul (21:30:11) : kombanwa,, sumimasen“`ini una smkn9 bkan…??? arigatou^_^ :) Reply 26 03 2010 nurull laa tieva radcliffe (10:40:30) : thenkzz … :) Reply 27 03 2010 fitri (20:52:34) : tu yg di atas beneran ya !!!!!!! kok bsa nulis chich! Reply 28 03 2010 Fiehan (17:49:43) : doomo arigatou ne~ mw nx ney klo nulis Akemi jumonji it gmna…??? mksih sblum.na y :D Reply 5 04 2010 shinobi (01:39:07) : 忍 Reply 9 04 2010 bayu (11:31:44) : ohayou tolonh kirimi aku semua kanji yang ada di jepang ya cz q mw hafalan kanji ok arigatou Reply 9 04 2010 kirana (18:47:52) : To Fonny bukan gitu caranya minta tolong…jgn minta dilayanin gitu dong.. minta cepet dan ga ada makasih2nya sama sekali… itu namanya ga sopan honey.. Reply 18 04 2010 Raudah (16:52:22) : Bagus……… Reply 28 04 2010 macmoer (05:52:38) : macmoer rasta jack mainia Reply 5 05 2010 Putra (02:28:30) : gampang Bangat nih… Reply 6 05 2010 yogi (20:38:37) : gimana sih pngn bsa bicara basa jepang ma bisa nulis katan”x hurup.angka dll dan gmna cra nulis.x batuinlah plis ea thakz Reply 7 05 2010 ellen (18:39:53) : muda banget tapi ke banyakan jadi pusing ^~^ Reply 7 05 2010 caca (18:41:53) : yah ….. muda tapi hurup gya itu aneh……………………………………….. Reply 7 05 2010 ellen (18:47:04) : mudah .. 5 menit pun kayak nya sudah hapal mungkin bagi gw samgat mudah… Reply 9 05 2010 okta (12:47:35) : oke2 aq seneng banget pelajaran ini,,,,,,,,,,!!!!!!!!!!!!!!!! Reply 10 05 2010 Ni ChaN (10:15:29) : Wooowww….. Q jAdi + BrseMaNgaT nhe BlajaR Bhs Jepanggg!!!!!! ajaRiin lagi yyyaaa….^o^ Reply 11 05 2010 icha (18:26:26) : i like japan Reply 16 05 2010 prya (15:00:08) : saya suka jepang,,,,,, tp belajarnya susah………. makasi atas semuanya………….. Reply 30 05 2010 Yunafa Narnia (14:35:40) : Waaaaaaaaaaaaaaaaaah…………… ashiiiiiiik!!!!!! dapat huruf2 jepang. thanx wat semua Reply 8 06 2010 Bari Asunka (21:28:20) : atashi ameru ~_~ ….. blm apa2 udah ameru wkwkkwkwk maklum cuma tw ngomong itu aja :P … Btw minta kata2 umum kyk : -Selamat pagi -apaan ene ??? -buset ! -oke oke -dadah -Selamat Jalan -Selamat Malam - dah ah jgn kebanyakan :P Reply 23 06 2010 bernadette (17:22:25) : -Selamat pagi -> ohayou gozaimasu
-apaan ene ??? –> nani kore ???
-buset ! –> sugoi .. ( tergantung konteks nya seh..beda2..)
-oke oke –> hai hai. (or ) ok..ok..
-dadah –> bye bye. or Ja ne.
-Selamat Jalan –> itterasshai.
-Selamat Malam –> konbanwa.
Reply
13 06 2010
faiz ichsan jaya (18:49:49) :

bagus banget , aku dapet pengetahuan dari sini!! makasiih ya , aku suka banget ma jepang
Reply
22 06 2010
uden (21:28:24) :

meni hese
Reply
23 06 2010
ayano arato (12:12:21) :

konnichiwa
watashi wa nohonggo ga suki da…. do shitara nihongo benkyo ga jozu ni dekimasuka.. kaiwa ga arimasuka
Reply
3 07 2010
pink magic (07:22:07) :

appreciate the post. very informative – look forward to more!
Reply
4 07 2010
zimet (18:36:38) :

pengen bgt bisa tulisan kanji…
Reply
5 07 2010
roman (00:53:23) :

aq pngen blajar bhsa jepang n bs tulis jepang…. ksh tw buku atw web nya dunk tuk blajar bhsa jepang n tulisan jepang tuk org yg msh buta sma sekali bhsa n tulisan jepang…. please ya….
aq mw tnya jg neh… tulisan jepangnya I Love you full apa?
blz ya… please..
Reply
6 07 2010
agung (21:02:00) :

klo bahasa japannya Agung cinta semua
Reply
28 07 2010
Mas'ud (09:01:40) :

wOuw..!!
smpah lo kren bgt ktrangan km enak dan mdah dmengerti!!
knpa gk blik ke indnesia buat ngajar bhs jpang dsini?? psti cpt bs klo bljr lngsung ma km!!
Klo mas’ud dtulis jpangna gmn??
Thanks bgt yo buat ilmuny!!
Reply
28 07 2010
k zamlahani (11:26:04) :

ありがとう。
Reply
28 07 2010
faza (13:22:19) :

nice………………………………….^_^b…………………………
Reply
31 07 2010
yudhy (02:19:23) :

penulisan kata yesus dlm bhs japan
Reply
31 07 2010
yudhy (02:20:24) :

penulisan kata yesus dalm bahasa japan???
Reply
31 07 2010
ratna rinto (12:09:13) :

pusing belajar bahasa jepang ya..!
Reply
5 08 2010
yuyun (01:38:31) :

duh..bingung jg..aq bingung vocabulary-nya nh..kl hrf2ny c dh apal n bsa dikit2 tggl kosakata/vocabulary-nya
bs tlg d ajarn gak?
Bingung nh..
Huhu
Reply
5 08 2010
cyntha (13:48:53) :

kLo tuLisan jepang ny kyn ..
thu gmn ??
Reply
6 08 2010
uponk punk (18:32:32) :

mang knp lo
Reply
11 08 2010
bari (11:54:34) :

klo vocabulary build enaknya dari apa ya ? dari dorama ? listening saya buruk banget :P … minta sarannya senpai …..
Reply
12 08 2010
rizza (14:05:03) :

cuy, keren tuh informnya.
tapi ko kayanya ada yang kurang.
hmm, cara nulis konsonan rangkap sama panjang ngga ada yaaa ?
terus mau tanya, kalo misalnya nulis kanji itu awalnya gimana yaaa.
kan ada nama orangnya sama, tapi kanji sama artinya beda. (saya sih tau dari komik jepang, jadi kalo salah maaf :-P )
balesnya ke rizza.rizza@live.com aja yaaa.

sebelumnya, arigatou gozaimasu :)
Reply
17 08 2010
obi (14:46:34) :

ad cra yg lbih gmpng gag..
Reply
22 08 2010
kendhin hidayate (22:29:30) :

maaaaaaaaaaaannnnnnnnnttaaaaaaaaaaabbbbbbbbb !!
Reply
26 08 2010
rayhan (15:12:10) :

sulit banget ya… maklum.
Reply
25 08 2010
aldi ajjah (10:32:54) :

wew hebat …aku ke pingin belajar bahasa jepang nie………
Reply
27 08 2010
mister crazy teka teki (08:37:17) :

artikan ke bahasa inggris:
1.dasi dan kursi
2.telur telur dua perempuan

nah itu aja teka tekiku
aku lagian males nulis bahasa jepang
Reply
27 08 2010
jawaban mister crazy teka teki (08:42:44) :

jawabannya kemarin itu no 1 tai and chair jadi dibaca tai encer
no 2 tulisannya eeg eeg two girl dibaca eek tugel
Reply
3 09 2010
agus dian efrizon (18:20:08) :

domo arigato gozaimas
Reply
4 09 2010
Ivan (04:36:18) :

Boleh mnta tolong nggk…

Kalo tulisan IVAN MASEPAN gmna ??
Reply
4 09 2010
Ivan (04:36:42) :

Boleh mnta tolong nggk…

Kalo tulisan IVAN MASEPAN gmna ??

maksih bxk dlu y…
Reply
4 09 2010
Rheyna (04:57:20) :

Aq mnta tolong donk….

nama aq RHEYNA gmna tulisan jepang nya ???
Maksih bxk y..
Reply
4 09 2010
Yoki (19:24:49) :

Saya mw buat tatto nama saya pake huruf jepang. Kalo “YOKI KURNIAWAN” di tulis pake huruf jepang ky apa?
Balas di email saya ya.(kurniawanyoki@rocketmail.com).
Thx.
Reply
4 09 2010
Shawon06 (23:58:04) :

I have a best porn site. The largest porn collection of Porn Tube in this site. I am sure you enjoy it. Because this is the best site in porn.
Reply
7 09 2010
jacky (14:01:21) :

kk ajarin aku bahasa jepang donk soalnya aku fans banget sama jepang kalo bahasa jepangnya komputer rusak apaan kk . nanti kirim ke facebook ku ya. emailnya andikarelakusuma@yahoo.co.id makasih watashi wa andika desu
Reply
14 09 2010
dinda (17:08:28) :

aq tertarik bgt nich ma bahasa jepang aq penget bisa bahasa jepang n bisa nulis tulisanya. gimana y caranya? kalo da yn tahu tolong kirimin caranya ke E-mail ku ( aputridarmayanti@yahoo.com) plizzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz banget
Reply
17 09 2010
brian elwish hanief jr (00:49:42) :

mas ada huruf alfabet.nya nggak .. dari A-Z dalam huruf jepang …???
Reply
21 09 2010
Oophi_oOphi (11:13:31) :

KrEndh . . . . .bGd kaA
thAnx bT iLmUnya . . . .
TrZ bGi2 iLmUny ya kAa . . . .ariGatOu . . . .
Reply
21 09 2010
Arit4 (15:45:00) :

Gila gk tw. .
Sush x nie
pgen x bsa. . .
Reply
6 10 2010
sevax (15:02:59) :

maw tanya nih,,
ko’ nda ada V sih??
gmn trus klo maw nulis “sevax” ??
xD
Reply
28 10 2010
Alvin Rushblack (14:55:13) :

wah2 ..
pengen blajar tpi kayaknya sulit
^_^
Reply
28 10 2010
Alvin Rushblack (14:55:34) :

wah2 ..
pengen blajar tpi kayaknya sulit…
^_^’
Reply
28 10 2010
Fitri (22:53:52) :

klo cranya supaya bisa mengartikan indonesia kejepang tnp liat kmus gimana ya…???
tlong jawab……
Reply
31 10 2010
Aldy (17:50:27) :

Nmpang tnya dunk..
Bhsa jepangnya “lelaki yang menyedihkan” tu ap ya ?
Reply
13 11 2010
koyuki_chan (22:09:12) :

kaga tau tuh heheh
Reply
1 11 2010
koyuki (21:13:29) :

ih peneg bisa nilis dan baca`a :(
Reply
1 11 2010
koyuki (21:21:10) :

eh salah pengen bisa nulis dan baca`a itu maksud`a hehehe:)
Reply
1 11 2010
koyuki (21:21:44) :

:)
Reply
8 11 2010
olivia (02:14:46) :

ya terjemah ksn d Google aja om
Reply
9 11 2010
andi (14:35:58) :

wew akh urang mah can bisa pisan euy
Reply
9 11 2010
andi (15:02:08) :

私は永遠にあなたを愛して
Reply
9 11 2010
agus wibowo (22:36:31) :

kerennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn. bangets…jdi bias bahasa jpang………
Reply
23 11 2010
fahmi (15:58:04) :

aku pusing:(
Reply
23 11 2010
Ismail (19:30:51) :

Good good,…
Aku jga mw BljAr lbih GiaT
BouT jaPanEse
Reply
31 12 2010
denox (02:19:29) :

ak ingin bgt bljar bhsa jpng
Reply
24 11 2010
amos (22:14:39) :

bagai mna sich tulisan jepang’a AMOS
Reply
26 11 2010
jey (21:37:23) :

lumaya pusing juga,,,,,,,,,,
tp seruuuuuuuuuuuuu,,,,,,,,,,,,]
Reply
26 11 2010
saptian yurinskye (23:49:04) :

what do you think’s
Reply
27 11 2010
wisnu (22:57:34) :

wow,susah-susah ternyata.Tapi kalau belajar sih,PASTI BISA
Reply
1 12 2010
putri (21:17:44) :

wooww…
i like itt…
konichiwa senseii..
please help me..
soalnya aku bru bljar bhasa jpang..
klo tlisan putri ismah sari dlm bhasa jpang gmna ya..??
tlng ksih tau ya..

arigato
:)
Reply
14 12 2010
Amo 369 (12:46:29) :

WieH…. Hebatt….!!!
BelaJar Agh….

ArinGatoo…!!!
Reply
26 12 2010
awwal (18:40:34) :

watashi awwal desu donzo youroshiku.

kaka tollong cari in kata hiragana nya awwal dan moelya
Reply
11 01 2011
orleans hotel las vegas (23:38:15) :

wooww…
i like itt…
konichiwa senseii..
please help me..
soalnya aku bru bljar bhasa jpang..
klo tlisan putri ismah sari dlm bhasa jpang gmna ya..??
tlng ksih tau ya..
Reply
15 01 2011
wahyuda illahi (19:33:44) :

wow keren abis deh gue senang bangat belajar bahasa jepang
Reply
25 01 2011
jenni (11:30:03) :

nulis jepang nya decky gimana ya ???
Reply
13 02 2011
Qee (08:35:24) :

Mau nanya nih,kalo ce blg cnta k cow ato cow blg cnta k cew apa sma2 aishiteru doank gt ?gda beda.x ?
Klo beda,msal cew blg k cow aku cinta kamu blg.x gmna ?
N mnta tlg tlisan kanji.x..
Makasii.. :)
Reply
15 02 2011
yumi_chu (19:34:39) :

aih………….kaya na asek ne buat diplazari………. >w< Reply 18 02 2011 amin (15:19:11) : wahhh.. kayaknya susah sari inggris, biar cepat pintar bagaimana ya caranya….. Reply 20 02 2011 ve (00:44:43) : pengen bangett ni bisaa bahasa jepang ,, Reply 20 02 2011 fhumii_ajhawa (22:40:49) : i like it all ,,, thangs yea Reply 2 03 2011 samuel (22:36:47) : mas… saya mw tnya…. klo memperkenalkan diri tu harus pake’ kata “DESU” ya misalnya: watashi wa samuel “desu” emang harus y… tolong penjelasannya….. Arigatou…… :) Reply 3 03 2011 rendyharahap (13:20:49) : “desu” itu sebenernya ga ada arti, dia hanya partikel yg diletakkan pada akhir kalimat. kalau ditanya apakah harus dipakai atau tidak, tergantung situasinya. pemakaian kata desu biasanya pada percakapan formal, pada kalimat informal desu berubah menjadi “da” atau tidak ada sama sekali, sedangkan pada kalimat super formal berubah menjadi “de irrashaimasu”. Contoh : watakushi wa rendy de irrashaimasu. -> saya adalah rendy.
watashi wa rendy desu. -> saya rendy.
(boku/ore wa) rendy da. -> aku/gw rendy.
Reply
7 03 2011
kaka karyn (14:41:13) :

jadi tambah tertarik,pengen lebih mndalami lagi………….
Reply
9 03 2011
tiara (19:15:16) :

hmm…….. bahasa’a susah banget

Reply
9 03 2011
tiara (19:16:14) :

hmm……
susah bahasanya
Reply
14 03 2011
Eka Widya Pratama (22:23:44) :

ini bermanfaat banget :)
tapi kalo misalnya belum tau sama sekali tentang tata cara menulisnya ..
gimana ?
sebaiknya cari infonya dimana ya kk ?
masalanya uda eka cari tau digoogle, belum ada..
tolong kasi saran ya kk ?

Reply
15 03 2011
adi pratama (13:06:18) :

aduhhhhhhhhhh msih bingung nie.blajar jepang

Reply
15 03 2011
adi pratama (23:44:32) :

oh y perkenalkan watashi wa adi na desu
saya mau nnya saya msih bingung.apkh ad kursus bhs jepang
klau ad d mn ya

Reply
22 03 2011
lady_red (21:25:34) :

gimana cara ngapalin kanji yang gampang?

Reply
25 03 2011
meydha (17:26:56) :

mb, mo tnya..
huruf tsu dan su jika di tambah tanda titik dua bunyinya qo sama..
saya berharap mb berkenan untuk membalasnya..terima kasih.

Reply
25 03 2011
meydha (18:09:44) :

oya kemaren jepang terkena tsunami..
gmn situasi disana ?
dan apakah kamu masih bekerja disana ?
Reply

2 komentar:

pecinta tato mengatakan...

Makna tato suku telah tumbuh menjadi seperti berbagai definisi.Namun, seni suku modern biasanya menyesuaikan gaya dari Aztec, Samoa, Polinesia, India, Anda butuhkan, video dan galeri tentang tato, dan bagaimana menemukan tattoo artist Anda.

andi indratanto mengatakan...

mw tnya dong,,

klo blh tau Tulisan Nama "Andi" dalam tulisan Korea, Thailand, n Jepang gmna yah...?
tlg dong di reply ke mail aku di "andiindratanto.21@gmail.com" thank's Guys.....

Poskan Komentar